Selasa, 16 Desember 2014

Pendapat mengenai Fakultas Ilmu Pendidikan



FIP Kebanggaanku

Mengapa manusia tidak bisa lepas dari pendidikan?..

 

"Pendidikan", sebuah kata yang dikenal oleh semua kalangan masyarakat. Pendidikan merupakan hal terpenting di kehidupan ini. Memang tak dapat di pungkiri lagi bahwa pendidikan yang begitu dipentingkan masyarakat adalah pendidikan dibangku formal yaitu sekolah. Pendidikan adalah prioritas untuk menuju kearah yang lebih baik, dan masa depan yang lebih layak buat kita semua. Pendidikan adalah bekal untuk mengejar semua yang ditargetkan oleh seseorang dalam kehidupannya sehingga tanpa pendidikan, maka logikanya semua yang diimpikannya akan menjadi sangat sulit untuk dapat diwujudkan. Ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. 

 

Seberapa berharganya Fakultas Ilmu Pendidikan itu?.. mari kita simak statement berikut..

 

Kita dari kecil di didik, melalui jalur pendidikan nonformal, informal dan formal. Kehidupan manusia takkan bisa lepas dari kata-kata pendidikan, karena pendidikanlah yang menyelamatkan kita, membebaskan kita dari jalur kemiskinan, inilah keterkaitannya dengan materi yang kita bahas, bahwa Fakultas Ilmu Pendidikan berarti sangat penting karena mencetak para pendidik, pengelola, dan penyelenggara di jalur apapun sesuai jurusan yang kita tekuni.

Fakultas Ilmu Pendidikan sangatlah mempengaruhi kehidupan manusia, , contohnya saja Jurusan PLS, tanpa adanya PLS, masyarakat yang memiliki keterbelakangan biaya tidak akan bisa mengenyam jalur pendidikan, sebab pendidikan formal yang begitu mahal sangatlah sulit untuk didapatkan karena itulah pendidikan nonformal sangatlah di butuhkan bagi mereka. Contoh yang kedua Jurusan PGSD, lulusan di jurusan ini dibutuhkan oleh jalur pendidikan formal karena Sekolah Dasar membutuhkan mereka sebagai pengajar. Dan masih banyak lagi Jurusan yang sangat berpengaruh di kehidupan manusia seperti Psikologi, BK, PAUD, PLB, Manajemen Pendidikan,dan Teknologi Pendidikan. 


Mari kita bandingkan dua orang yang berpendidikan dengan orang yang tidak berkependidikan, pasti memiliki perbedaan jalan berpikir, karena pendidikan berfungsi untuk membentuk jalan pikir.

 

Yang saya perhatikan, orang berkependidikan seharusnya mempunyai akhlak yang baik, tapi kenyataannya masih banyak orang yang berpendidikan menggunakan cara yang kotor dan tidak patut dicontoh misalnya korupsi, menipu orang, dan lainnya. Mereka melakukan itu karena mereka tahu strateginya. Ya memang ada aja sih, tapi kalau diperhatikan lebih teliti, diberita kriminal itu kan kebanyakan dilakukan oleh orang yang menengah kebawah karena masalah ekonomi sehingga tidak bisa sekolah tinggi. Mereka yang ingin mendapatkan uang secara cepat, dengan menggunakan cara kotor, mereka membunuh atau mencuri. Menurut saya, ini dikarenakan jalan pikir yang dangkal dan mau enaknya saja untuk mendapatkan sesuatu yang dia inginkan. Kalau diteruskan seperti ini mau dibawa kemana bangsa kita ini, maka dari itu perlu ada kesadaran dari semua masyarakat, dan kita sebagai orang berpendidikan apalagi bernaung di Fakultas Ilmu Pendidikan haruslah bisa merubah mindset orang-orang kotor seperti itu. Kita harus menyadarkan mereka, dan mendidik anak-anak penerus bangsa agar negara kita bisa maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar